Thursday, January 3, 2013 Tags: , , 0 comments

PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING

Saya pernah membuat sebuah proposal penelitian tentang Quantum Learning, entah kenapa saya begitu menyukai Quantum learning. Sedikit penjelasan, Quantum learning adalah bahwa sugesti dapat dan pasti mempengaruhi situasi belajar, dan setiap detail apapun memberikan sugesti positif ataupun negatif. (DePotter, Bobbi, 2004 : 14)

Dengan demikian, guru atau pendidik sangat diharapkan kemampuannya untuk bagaimana mengajar dengan menyertakan seni sebagai gayanya dalam mengajar. Selain, suasana belajar yang memberdayakan dan menyenangkan, guru juga harus bisa menyusun rancangan belajar yang dinamis. Rancangan belajar disusun dengan memperhatikan penciptaan unsur-unsur penting yang bisa menumbuhkan minat siswa, mendalami makna, dan cara evaluasinya. Landasan dan lingkungan belajar yang baik juga turut menentukan keberhasilan proses belajar dalam metode Quantum Learning. Landasan adalah kerangka kerja yang di dalamnya terdapat tujuan, keyakinan, kesepakatan, kebijakan, prosedur, dan aturan bersama yang memberi guru dan siswa sebuah pedoman untuk bekerja dalam sebuah komunitas belajar. (Bobbi DePortter, dkk, 2004 : 14). Jika keempat aspek di atas benar-benar dilakukan dengan cermat dan baik, maka keberhasilan mengajar guru dan peningkatan hasil belajar siswa telah mencapai tujuan yang diharapkan dalam metode Quantum Learning ini. 

Untuk lebih jelasnya, silakan download makalahnya di sini dengan harapan, bukan untuk di copas tapi hanya untuk referensi saja. Trims

No Response to "PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING"

Post a Comment