Wednesday, May 18, 2011 Tags: , 0 comments

Kegunaan Media dalam Proses Pembelajaran


Siapa yang tidak tahu tentang media pembelajaran?? Yap, media pembelajaran akhir-akhir ini memang sangat sering digunakan dalam proses belajar mengajar, baik yang secara tradisional maupun yang sudah modern. Contohnya saja papan tulis. Papan tulis termasuk media pembelajaran yang bersifat masih tradisional. Contoh media yang modern yaitu LCD dan OHP. Tentu benda-benda tersebut sering kita dengar atau bahkan hampir setiap hari kita menggunakannya bukan? Nahh, dalam artikel mini ini, saya akan membahas mengenai kegunaan media pembelajaran. Dimulai dari pengertian, jenisnya, dan manfaat-manfaat yang bisa kita ambil : )
a)    Pengertian
Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima, sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat dari dalam diri siswa. Jadi, media itu adalah sebagai perantara tersampaikannya sebuah pesan atau informasi. Misalnya, kita ingin mempresentasikan sebuah makalah yang kita buat, kemudian kita menggunakan LCD dan OHP untuk menampilkannya di depan umum (publik), dengan demikian, kita sudah menggunakan media dalam proses belajar mengajar (proses perkuliahan).
Sudah jelas kan pengertian media itu apa? Sekarang kita lanjut ke jenis-jenis media yuuukkk... cuuuzzz.. :D

b)   Jenis Media
Terdapat enam (6) kategori dasar jenis-jenis media, yaitu:
1)    Media teks. Teks adalah media yang terdiri atas nomor dan huruf alfabet yang mungkin terdapat dalam berbagai format, misalnya buku, poster, papan tulis, monitor komputer, dll.
2)   Media Audio. Audio adalah mencakup apapun yang bisa kita dengar, misalnya suara orang, musik, dll. Audio bisa kita dengar secara langsung maupun lewat rekaman.
3)   Visual. Visual biasa digunakan untuk mempromosikan pembelajaran, diantaranya adalah diagram dalam poster, gambar dalam papan tulis, foto, grafik dalam buku, kartun, dll.
4)   Video. Video adalah media untuk menampilkan gerakan, diantaranya DVD, animasi komputer, dll.
5)   Manipulasi Objek. Media ini adalah media yang berbentuk tiga dimensi dan bisa disentuh secara langsung atau bisa disebut dengan benda tiruan.
6)   Yang terakhir adalah orang (manusia). Diantaranya adalah guru, dosen, siswa, dll.

c)    Terakhir, yaitu manfaat klo kita menggunakan media pembelajaran..
1)    Pembelajaran akan lebih menarik perhatian siswa karena dengan menggunakan media, siswa tidak hanya duduk dan mendengarkan ceramah dari guru dan kemudian mengerjakan soal, tapi siswa juga bisa “memanjakan” matanya dengan slide-slide yang menarik (jika menggunakan LCD dan OHP)
2)   Bahan atau materi pelajaran akan lebih mudah dipahami oleh siswa, karena dengan menggunakan gambar, siswa bisa lebih gampang mengingat dan memahami materi tersebut.
3)   Metode mengajar akan lebih variatif, tidak melulu guru ceramah, sehingga akan menghemat tenaga guru
4)   Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar, karena akan lebih sering mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, dll.

Gimanaaaa??? Udah lumayan nambah kan pengetahuan kalian tentang Media Pembelajaran dan kegunaannya? Semoga seperti yang saya harapkan yaaah J amieeenn., kalau ada yang kurang jelas, silakan baca buku yang saya buat rujukan ::: Nana Sudjana. (2002). Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algesindo. Dan Smaldino dkk. (2008). Instructional Technology and Media for Learning. Ohio : Pearson Education. :::

No Response to "Kegunaan Media dalam Proses Pembelajaran"

Post a Comment